Modal Dengkul

Yang satu ini nampaknya sederhana yaitu Modal Dengkul. Konotasi sebagian besar dari kita ketika mendengar modal dengkul mungkin cenderung ke tidak punya modal ya? Yes, konotasi umum tersebut memang tak dapat disalahkan juga, sudah menjadi defenisi umum soalnya.

Tetapi percayalah teman, bahwa jika dengkul ini benar-benar kita gunakan dengan optimal maka kita akan mendapatkan modal-modal lainnya yang diperlukan untuk memulai usaha yang diperlukan.

Begini cara menggunakan modal dengkul itu:

Keluarlah dari tempat Anda, gunakan dengkul untuk berjalan menuju ke tempat orang lain (teman, saudara, kerabat) yang punya modal uang, modal ilmu, dsb yang mungkin bisa membantu Anda. Bukan hanya sehari dua hari, melainkan jalanlah sampai menemukan orang tersebut. Mungkin untuk belajar, mungkin untuk berguru, mungkin untuk mengamati cara orang bekerja (berbisnis) dan sebagainya. Right?

Hampir pasti, jika Anda sering menggunakan dengkul untuk tujuan seperti tadi maka Anda akan dapat beberapa hal misalnya: dapat nasehat atau dapat imlu untuk mencari modal uang. Atau tak tertutup kemungkinan juga dapat pinjaman, hehe.. asalkan Anda memang punya Modal Lainnya seperti: Modal Menyenangkan (tidak sombong, suka menolong, rendah hati), termasuk juga Modal Dapat Dipercaya, Modal Ramah dan sebagainya.

Hampir dapat dipastikan juga Anda tak akan dapat menggunakan modal dengkul untuk bertandang ke kerabat atau teman dekat jika Anda ternyata bermusuhan, masih punya tanggungan, pernah berkhianat, dan sebagainya. Anda akan malas bahkan takut menggunakan untuk menemui mereka.

Jika seseorang (pasti bukan Anda), dirumah saja (tidak menggunakan modal dengkul), ngga punya modal uang, pengetahuan tak cukup, relasi dikit banget, malas pula (tidak punya modal rajin), dsb.. lalu memimpikan sukses dalam dunia usaha, maka rasanya akan sangat sulit deh. Ya kan? Ya toh?

Yuk, kita usahakan untuk mengoptimasi modal dengkul ini :)

Best Regards
Mufli

Gasa

Peluang Bisnis